Powered By Blogger

A Boy from Karo Land

Senin, 06 Desember 2010

Kata Sambutan Hari Guru 25 Nov 2010 OSIS Matauli

KATA SAMBUTAN DALAM ACARA HARI GURU 25 NOVEMBER 2010
OSIS SMAN 1 MATAULI PANDAN 2010-2011

Assalamualaikum wr. wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang saya hormati bapak kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, bapak ibu guru serta staf dan karyawan SMAN 1 Matauli Pandan.
Yang saya hormati kakak-kakak kelas 12.
Yang saya sayangi teman-teman kelas 11 dan adik-adik kelas 10.
Mengawali sambutan saya marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena dengan segala limpahan rahmat-Nya kita masih diberi kesehatan, kekuatan dan semangat untuk berkumpul di ruangan gymnasium ini dalam rangka acara hari guru yang secara nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Adapun dari panitia pada acara tahun ini mengangkat tema “Memacu Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan Guru yang Profesional, Bermartabat, dan Sejahtera” yang sama dengan tema dalam kata sambutan Menteri Pendidikan Nasional untuk tahun ini.

Kalau berbicara mengenai sejarah tanggal 25 November ini adalah hari kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), cikal bakal lahirnya PGRI diawali dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912, kemudian berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada 1932. Selanjutnya penyelenggaraan kongres guru dilaksanakan pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Saat itu tanggal 25 November 1945 bertepatan dengan 100 hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sejak saat itu semua guru Indonesia bersatu di dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dan pada tanggal 25 November ditetapkan pemerintah sebagai hari guru nasional sesuai dengan Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994 sebagai bentuk penghormatan kepada guru. Guru sebagai profesi yang mulia, yang luhur, dan yang patut diberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Sehingga pada tahun ini kita merayakan hari guru yang ke-65.

Kita mengetahui, bahwa masa depan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh sumber daya manusianya. Jika manusianya tangguh, bangsa itu akan unggul. Untuk menjadi manusia dan bangsa yang tangguh dan unggul, kita tahu pendidikan yang maju dan berkualitaslah yang harus diwujudkan, pendidikan akan maju dan berkualitas jika guru-gurunya profesional, bermartabat, dan sejahtera. Demikianlah mungkin deskripsi tentang peran penting guru bagi sebuah bangsa. Dan juga bagi bangsa Indonesia tentunya yang memiliki cita-cita salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Yang kita harapkan sebagai siswa/i Matauli adalah para bapak ibu guru kita senantiasa tetap memiliki cita-cita dan semangat yang tinggi dalam menjalankan pengabdiannya dalam mendidik kita sebagai generasi penerus bangsa ini. Dan sudah menjadi kewajiban bagi kita semua sebagai siswa/i yang menjadi peserta didik mereka untuk berterima kasih yang setinggi-tingginya dan membanggakan mereka. Caranya adalah dengan belajar dengan giat dan berusaha untuk meraih prestasi yang sebanyak-banyaknya. Karena hanya dengan mempersembahkan prestasi kita dapat memberikan sebuah kebanggaan kepada mereka.

Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mewakili seluruh siswa/i, saya mengucapkan selamat hari guru kepada bapak ibu guru semua. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberkahi seluruh pengabdian pahlawan tanpa tanda jasa, khususnya di SMAN 1 Matauli Pandan ini. Semoga semakin bersemangat dalam mendidik kami para siswa/i. Kemudian saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia yang telah berusaha untuk menyukseskan perayaan hari guru ini. Semoga semuanya bisa berjalan baik sesuai dengan rencana Akhir kata terima kasih atas perhatiannya dan saya mohon maaf apabila terdapat kata-kata saya yang kurang berkenan. Sebuah syair khusus untuk bapak ibu guru.
Dialah ibu bapak guru yang menjadi sahabat
Senantiasa dengan ikhlas mengalirkan nasihat
Pemimpin yang ditauliahkan segala umat
Seribu tahun didikannya menjadi hikmat.
Wassalamu’alaikum wr, wb.

FREDICK B.E. GINTING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar